Selasa, 31 Maret 2015

=Tiga bentuk tangisan=

Terlalu banyak bila disebutkan semua latar belakang sebuah tangisan, karena tangisan apakah itu yang timbul dari sebuah harapan, atau tangisan yang timbul dari sebuah ketakutan, apakah ia timbul dari kebahagiaan, atau yang timbul dari kesedihan, apakah menagisi masa lalu atau menagisi yang akan datang, semuanya memiliki ma'na / arti dari setiap tangisanya.

Intinya, Menagisi masa lalu atau yang sudah terjadi disebut penyesalan, dan menagisi masa depan atau yang akan terjadi disebut harapan dan ketakutan.

Sayyidina Ali Karomallahu Wajhah berkata :

البكاء على ثلاثة أوجه أجدها من خوف عذاب الله تعالى والثانى من رهبة السخط والثالث من خشية القطيعة فأما الأول فهو كفارة للذنوب وأما الثانى فهو طهارة للعيوب وأما الثالث فهو الولاية مع الرضا المحبوب

"Tangisan (yang memiliki nilai tinggi) itu ada tiga bentuk : yang pertama adalah tangisan dari takutnya akan adzab / siksa Allah, dan kedua tangisan dari gentar/takut terkena murka Allah dan ketiga tangisan dari kekawatiran akan di jauhkan dari Allah (tertutup hijab).

Bentuk tangisan yang pertama maka ia adalah sebagai penghapus dosa-dosa. Dan adapun bentuk yang kedua adalah sebagai pembersih terhadap aib-aib diri. Dan adapun bentuk yang ketiga adalah WILAYAH (sifat kewalian) bersama keridlaan dari Allah"

Jadi dari bentuk yang tiga di atas lah yang disebut sebuah tangisan yang memiliki nilai tertentu dan pengaruh tertentu.

Wallahu A'lam

Semoga kita tergolong dari hamba-hambanya yang diselamatkan di dunia dan di akhirat..Aamiin.

Sumber Kitab Nasoihul Ibad Syaikh Nawawi al-Bantani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar